Senin, 30 April 2012

peran pendidik anak usia dini


PERAN GURU
Para guru memberi umpan balik dan masuk dalam dialog dengan anak-anak. Memberi umpan balik membuat anak-anak tahu bagaimana mereka membuat kemajuan.
Pada umumnya, umpan balik yang produktif melakukan hal-hal berikut :
  1. Menggambarkan apa yang telah dilakukan anak bukannya memberi keputusan penilaian atas yang dilakukan. “ kau menyelesaikan tiga teka-teki “ atau “ kau mulai dari tengah dan berhasil menyelesaikannya “ lebih mendorong daripada mengatakan, “ saya suka cara kamu mengerjakan teka-teki.
  2. Lebih baik rinci daripada umum. “ kau menulis semua huruf namamu” daripada “pekerjaan hebat “
  3. Arahkan anak kepada sesuatu yang harus mereka awasi dan bisa berbuat sesuatu. “ Taruh tiga piring ini di sini “ lebih menolong daripada “ambil”
  4. Waktunya tepat
Umpan balik harus berdekatan dengan tindakan-tindakan anak-anak dan diberikan ketika anak-anak sedang benar-benar bekerja atau berhasil
  1. Mungkin non verbal. Lambaian, anggukan kepala, atau senyuman memberi tahu kepada anak-anak bhwa mereka di jalur yang benar atau bahwa anda perhatikan betapa baik mereka sedang melakukan sesuatu.
  2. Para guru mungkin membantu anak-anak menyuarakan pandangan mereka
“katakan kepadanya kamu tidak mau memerankan bayi”
  1. Menghasilkan solusi
“shawn mau pakai roda tiga itu lebih dulu, lalu giliranmu”
  1. Membantu anak-anak mencapai solusi yang diterima kedua belah pihak atas masalah mereka
“jika kau pegang potongan ini dan ashok memegangnya disini, kalian bisa membuat bangunan seimbang”
SUMBER : Carol Seefeldt & Barbara A. W, (2008), Pendidikan Anak Usia Dini, Indeks

0 komentar:

Posting Komentar